Perbedaan Bump Maps| Wajar Maps Dan Displacement Maps - Grafis - Media

Dalam dunia pengerjaan versi 3 dimensi. kawan dekat tidak sanggup lepas dengan yang namanya texturing. alasannya ini yakni salah satu tahap dimana kita akan memeberikan imbas realistik pada objek kita. umpamanya pada aspal. aspal memiliki texture yang rata , tetapi tidak menyerupai lantai rumah , alasannya aspal terbentuk dari serpihan kecil jadi tetap ada bab yang naik turun. menyerupai pasil kecil.


Texturing yakni proses untuk memamerkan karakteristik permukaan pada suatu objek. adapun karakteristik tersebut kawan dekat akan mendapat 3 bab , yakni Bump Maps , Normal Maps , Displacement Maps.

BUMP MAPS yakni salah satu type yang telah usang digunakan dalam textureng 3 dimensi. hal yang mesti kawan dekat tahu bahwa bump maps yakni rincian yang dibentuk pada objek yakni imitasi atau cuma ilusi. alasannya bump maps mempergunakan trik pencahayaan yang sungguh sederhana pada permukaan model. tidak ada resolusi yang disertakan pada objek di saat memakai bump maps.

Biasanya bump maps itu terbentuk dari 8 bits warna grayscale (abu - debu ). dasarnya nilai nilai pada bump maps digunakan untuk menginformasikan aplikasi 3d wacana dua hal yakni atas dan bawah. di saat nilai dalam bump maps yakni 50% debu abu maka tidak ada rincian yang terjadi pada permukaan objek. di saat objek diberikan bump yang lebih terang (mengarah ke warna putih) maka permukaan objek akan timbul. sebaliknya jikalau objek diberikan bump yang lebih ke warna hitam maka permukaan objek akan menekan ke dalam permukaan.

Bump maps anggun digunakan untuk bikin rincian yang begitu kecil. umpamanya seperti

  • pori - pori pada kulit manusia. 
  • sangat efektif digunakan pada aplikasi 2dimensi menyerupai photoshop. 
  • membuat rincian yang sederhana
  • simulasikan tekstur rumput dari persepsi jauh

Kekurangan dari bump maps yakni di saat penempatan kamera yang salah pada rendering 3 dimensi. alasannya sesungguhya bump maps hanyalah delusi rincian dan tidak ada penambahan geometri.

NORMAL MAPS yakni suatu maps yang masih terbilang gres , dan memang menurut sebagian desainer 3d ini lebih baik dari bump maps. sebenarnya wajar maps juga tidak bikin geometri dan cuma bikin delusi pada permukaan objek.

Normal maps memakai RGB yang eksklusif sesuai dengan x , y , z di ruang 3dimensi , tidak menyerupai bump maps yang memakai grayscale. keterangan RGB ini memamerkan keterangan pada aplikasi 3d wacana arah yang sempurna pada hasil permukaan objek nanti.
Yang peru kawan dekat pahami , pengerjaan Normal maps ini lebih susah dari pada bump map , alasannya jikalau kita bikin memakai aplikasi menyerupai photoshop. untuk menjadikannya sanggup memakai aktivitas mira. alasannya mira sanggup bikin banyak sekali jenis keterangan pada permukaan yang lazim kita lihat pada wajar maps

DISPLACEMENT MAPS , di saat kawan dekat ingin bikin rincian yang cuma memiliki resolusi rendah , maka  displacement mapslah rajanya. displacement maps sanggup meciptakan geometri yang positif pada hasil renderingnya. 

Sama halnya bump maps , maps ini juga tercipta dari keterangan grayscale. walaupun kawan dekat sanggup memakai 8 bit warna grayscale tetapi akan lebih baik jikalau memakai 16 & 32 bit warna.

Hal yang begitu menjadi pertimbangan mengunakan Displacement maps yakni bikin hasil dengan segera atau realtime. alasannya perlu proses yang usang di saat rendering objek. jadi kawan dekat mesti memikirkan sebelum memakai maps ini.

Displacement masp sungguh bagus digunakan pada :

  • Pembuatan landscape
  • Membuat animasi , menyerupai scene rumput dan pohon
  • Membuat lautan yang bergelombang , air pada kolam.
  • Membuat animasi api , awan , asap dan lain lain.
KESIMPULAN
Dalam beberapa projek , mungkin suatu dikala kawan dekat akan memakai ketiga maps ini secara serentak , jadi yang perlu kawan dekat ingat yakni memakai displacement maps untuk bikin geometri  pada permukaan serta  bump dan wajar maps untuk rincian yang lebih halus.


Jago rancangan grafis? Banyak lho yang mencari jasa freelancer rancangan grafis ke kita , daftarkan secepatnya Jasa Desain Grafis mu atau kemampuan lain di Freelancer Design Grafis (Klik)supaya eksklusif banyak orderan jasa rancangan grafis. Di tunggu lho yaa iklan jasa rancangan grafis dari kau semua.


Lowongan design grafis , jasa design grafis , jasa pengerjaan logo , jasa manipulasi foto , jasa edit foto , lowongan freelancer design grafis , lowongan freelancer design grafik

Tidak ada komentar untuk "Perbedaan Bump Maps| Wajar Maps Dan Displacement Maps - Grafis - Media"