Cara Menghasilkan Bump Dan Displacement Maps Di Photoshop - Grafis - Media

Dalam dunia rancangan grafis 3dimensi maupun 2 dimensi. ada beberapa tekstur yang sering dipakai untuk lebih memamerkan kesan kongkret pada gambar utama. tekstur ini terbagi menjadi 3 adalah Bum maps , Displacement maps , dan wajar maps. seluruhnya mempunyai kegunaan yang serupa tetapi memiliki mutu yang berbeda. lebih jelasnya telah di jelaskan pada pertemuan perbedaan fungsi bump , displacement dan wajar maps.  untuk kali ini , kita akan coba untuk menjadikannya dengan photoshop.

Membuat Bump dan displacemen maps ialah hal yang penting bagi seorang desainer. alasannya sulit dipercayai bagi kita untuk mencari bentuk lain dari tekstur yang telah ada. maka dari itu bimbingan cara menciptakan bump dan displacement maps di photoshop ini dihentikan kawan lewatkan. terlebih kalau kawan menggunakan aplikasi 3d menyerupai sketchup , 3dmax dan autocad. dalam menciptakan material vray nya niscaya memerlukan bump dan displacement.

Berikut referensi perbedaan tekstur orisinil kemudian dijadikan bump dan displacement maps di photoshop.
Proses pengerjaan bump dan displacement maps ini terbilang sangatlah mudah. alasannya cuma mengkonsumsi waktu kurang lebih 5 menit bahkan tidak sampai. lebih jelasnya , ikuti langkahnya dibawah:

CARA MEMBUAT BUMP DAN DISPLACMENT MAPS DI PHOTOSHOP

Sebelum mengawali , kawan siapkan dahulu tekstur terutama yang hendak di buatkan bump dan displacementnya. disini saya gunakan referensi tekstur kayu yang telah kita buat pada konferensi cara menciptakan tekstur kayu diphotoshop
  1. Buka texture kayu kita diphotoshop.
                             
  2. Kemudian tekan CTRL U (hue/saturation). pada pengaturan Saturation , berikan nilai -100 hingga pick toolnya hingga ke ujung kiri. maka tekstur kita eksklusif menjadi warna hitam putih. disamping itu , bisa juga dengan menekan CRL Shift U ( desaturate ). 
                             
  3. Aktifkan Levels - tekan CTRL L - kemudian atur komposisi warnya sehingga terlihat lebih padat. disini pengaturannya Black=25 , Grey=1 , White=101. kemudian ok.
                              
Maka kini kawan telah simpulan menciptakan bump maps , dan bisa juga dipakai selaku displacement maps , pada pengaturan render aplikasi 3d dimensi.
             
Bagaimana ? mudahkan. pada dasarnya tekstur bump dan displacement memiliki warna hitam putih. selebihnya jikalau ingin menciptakan dengan versi tekstur yang berbeda. silahkan gunakan langkah yang sama. ada banyak cara untuk menciptakan gambar menjadi hitam putih dan mengendalikan kepadatan warnanya. 
Ingat , dalam pengerjaan tekstur dengan bump dan displacement maps. ukuran dihentikan berbeda. jikalau berlainan , balasannya niscaya tidak akurat. dampak gelombang yang dihasilkan displacement nanti tidak sama dengan performa tekstur utamanya. jadi hati hati saja.

Semoga konferensi singkat ini , dapat menolong kalian semua. bagi yang suka ambil tekstur gratis diinternet , niscaya kini telah dapat buat bump dan displacement maps sendiri. hehe lumayan. saya SAFRI ST mengucapkan terima kasih telah berkunjung - Assalamualaikum.

Jago rancangan grafis? Banyak lho yang mencari jasa freelancer rancangan grafis ke kita , daftarkan secepatnya Jasa Desain Grafis mu atau keterampilan lain di Freelancer Design Grafis (Klik)supaya eksklusif banyak orderan jasa rancangan grafis. Di tunggu lho yaa iklan jasa rancangan grafis dari kau semua.


Lowongan design grafis , jasa design grafis , jasa pengerjaan logo , jasa manipulasi foto , jasa edit foto , lowongan freelancer design grafis , lowongan freelancer design grafik

Tidak ada komentar untuk "Cara Menghasilkan Bump Dan Displacement Maps Di Photoshop - Grafis - Media"